oleh

Ini Gambaran Statistik Ekonomi Sumbawa 2020 Menurut Diskominfotik

Sumbawa Besar, MediaSumbawa.com,-. Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori meluncurkan produk dokumen Statistik Ekonomi Kabupaten Sumbawa 2020 (Statek-KS 2020), pada Jum’at sore (16/10/2020).
Kepada media di Kantor Diskominfotik Sumbawa, Ansori sapaan akrabnya menyampaikan bahwa produk statistik ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi OPD yang dipimpinnya yang harus disusun dan diterbitkan tiap tahun.
“Terima kasih, kami sampaikan kepada Kabid Statistik dan para mitra kerjanya baik Bappeda, BPS maupun para produsen data ekonomi terkait yang telah menuntaskan penyusunan dokumen ini,” ujarnya. Lebih lanjut,
Ansori mengatakan bahwa Statistik Ekonomi Kabupaten Sumbawa 2020 adalah gambaran kinerja perekonomian Kabupaten Sumbawa pada tahun sebelumnya yaitu 2019.
Ansori juga menjelaskan bahwa Dokumen Statek-KS 2020 ini telah dilakukan penyempurnaan baik dalam struktur, substansi, maupun penulisannya. Dan upaya penyempurnaan ini terus dilakukan sehingga dapat menjadi salah satu referensi resmi dalam menganalisis ekonomi daerah, perencanaan daerah maupun penelitian dan pengembangan dimasa depan.
Kepala Bidang Statistik Jupri, MM menambahkan bahwa struktur penyajian Statistik Ekonomi Kabupaten Sumbawa 2020 antara lain memuat Tinjauan Umum Perekonomian yang meliputi Perekonomian Indonesia, Perekonomian Regional Nusa Tenggara Barat, Perekonomian Kabupaten Sumbawa, Indikator Ekonomi Makro Daerah yang meliputi Produk Domestik Regional Bruto, Indeks Harga Implisit, Tingkat Pengangguran

Kemuadian Analisis Ekonomi Regional yang meliputi Location Quotient, Shift Share, Incremental Capital Output Ratio (ICOR), Tipologi Klassen, Indeks Pertumbuhan Seimbang, Indikator Kesejahteraan Rakyat yang meliputi Indeks Pembangunan Manusia, Kemiskinan dan Rasio Gini dan Keuangan Daerah Dan Asisment Lembaga Keuangan yang meliputi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Asisment Perbankan, Lembaga Keuangan.

“Beberapa produk dokumen statistik termasuk Statistik Ekonomi dapat diakses di website sumbawakab.go.id pada laman Statistik”, pungkasnya. (Ms/ra)

Baca Juga:  Pemerintah luncurkan Bansos 2021, Gubernur NTB: Negara Hadir Untuk Masyarakat

Komentar

Berita Pilihan