oleh

Hasil Inspeksi, Gas 3 Kg Dipastikan Aman Selama Nataru

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMIndag) Kabupaten Sumbawa belum lama telah melakukan inspeksi ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kecematan Maronge. Itu dilaksanakan guna memastikan ketersediaan gas Elpiji 3 Kg aman selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

‘’Kami sudah melakukan cek lapangan beberapa waktu lalu, dan dari hitungan teknis ketersediaan stok Elpiji khususnya tabung 3 kg aman dan stabil,’’ kata Kepala Dinas KUKMIndag melalui Kabid Perdagangan – Iwan Setiawan kepada wartawan, Senin (27/12).

Dijelaskan, sejauh ini pendistribusian gas 3 kg dari Pertamina ke SPBE berjalan lancar setiap harinya. Jumlah rata-rata tabung yang dikeluarkan dari SPBE melalui agen untuk didistribusikan ke masyarakat melalui pangkalan sebanyak 12.000 tabung.

Apabila terjadi kelangkaan, lanjutnya, Pertamina akan menambah stok fakultatif sebagai upaya untuk mengamankan ketahanan stok dengan melihat situasi perkembangan kebutuhan di lapangan.

Selain melakukan inspeksi ke SPBE, pihaknya juga melakukan pemantauan di tingkat pengecer. Berdasarkan hasil pantauan di beberapa agen, diketahui jadwal dan jumlah tabung yang diterima dirasa perlu ditambah. Misalnya sejumlah 100 tabung yang diterima hanya mampu tersedia paling lama 3 hari. Artinya hari yang tersisa akan dipandang kelangkaan oleh masyarakat karena saat akan menukar tabung, sudah tidak tersedia.

Sesuai peruntukannya, tabung gas Elpiji 3 kg bersubsidi hanya untuk kalangan masyarakat kurang mampu dan usaha mikro. Sehingga, diharapkan kepada pelaku usaha kecil, menengah, dan atas, serta masyarakat golongan mampu untuk tidak menggunakan gas 3 kg. (msg)

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Minta Peningkatan Pengawasan Kawasan Hutan

Komentar

Berita Pilihan