oleh

Hari Sumpah Pemuda : Kokohkan Kewirausahaan Pemuda

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021, di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Kamis 28 Oktober 2021. Turut mengikuti upacara, Wakil Bupati Sumbawa, Anggota Forkompimda, Pimpinan OPD, unsur TNI dan Polri, ASN, dan berbagai organisasi pemuda Se-Kabupaten Sumbawa.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainudin Amali, SE., M.Si., dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda Ke-93 yang mengambil tema “Bersatu, Bangkit Dan Tumbuh” menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Menurut Menpora, tema ini sesungguhnya memang diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, akan tetapi bagi pemuda, menjadi sangat penting karena di tangan pemuda tertitip harapan Indonesia agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi, dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi indonesia.

Untuk itu, ungkapnya, momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan bangsa untuk bersama-sama mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Dalam upaya membangkitkan kewirausahaan pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia maju, Menpora mengatakan pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

Upaya ini, dikatakannya, tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama.

Selanjutnya acara dirangkaikan dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Sumbawa kepada para siswa berprestasi pada Kompetisi Sains Nasional tingkat SD dan SMP pada bidang Studi Matematika, IPA dan IPS. Hadiah juga diserahkan kepada para siswa beprestasi pada Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) pada bidang Studi IPA dan Lingkungan serta bidang IPA Teknik dan Rekayasa. (ms/sp)

Baca Juga:  Gubernur dan Wabup Canangkan Gerakan NTB Hijau

Komentar

Berita Pilihan