oleh

Empang Jadi Lokasi Safari Gemarikan DPR RI dan KKP

Sumbawa Besar,Mediasumbawa.com,- Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa menjadi Lokasi tempat pelaksanaan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), yang digelar oleh Anggota Komisi IV DPR RI, H. Johan Rosihan,ST dan Kementerian Kelautan RI, serta Dinas Kelautan Kabupaten Sumbawa, Sabtu (3/4/2021) pagi di desa Empang Bawah. Turut hadir pada acara tersebut Penjabat Bupati Sumbawa, Ir. Muhammad Husni.

Safari Gemarikan yang dilaksanakan itu merupakan salah satu strategi pemerintah untuk penguatan informasi dan edukasi pada anak balita, ibu hamil dan menyusui, serta pasangan usia subur, untuk meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, serta mengatur pola asuh makan yang benar guna mencegah terjadinya stunting.

Berdasarkan Data Susenas 2019, Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Sumbawa sebesar 42,22 kg/kapita/pertahun, masih di bawah AKI nasional yakni 55,95 kg/kapita/pertahun, yang walaupun berada di atas rata-rata AKI provinsi NTB sebesar 34,89 kg/kapita/pertahun.

Adapun 500 paket Gemarikan yang diberikan kepada masyarakat di kesempatan tersebut, yaitu berbagai jenis makanan dari bahan baku ikan, yang diperoleh dari para pelaku usaha dan UMKM setempat, dengan harapan dapat membantu penyerapan produksi dan menjaga keberlanjutan usaha mereka dimasa pandemi.

Turut menghadiri Safari Gemarikan, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, yang diwakili Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Anggota DPRD Sumbawa, Plt. Ketua TP. PKK beserta rombongan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa, Camat Empang serta para Unsur Forkopimca Kecamatan Empang. (MS/RA/*)

Baca Juga:  Marhaban Ya Ramadhan

Komentar

Berita Pilihan