oleh

Dispopar Sumbawa Gelar Pendidikan Dan Pelatihan Pramuwisata Muda

Sumbawa Besar, Mediasumbawa.com,- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pramuwisata Muda yang diikuti sekitar 30 para pelaku pariwisata, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), para pemilik hotel dan restauran, serta lainnya. Kegiatan ini digelar di Sumbawa Grand Hotel pada Senin (10/8).

Dalam laporannya, Kepala Dispopar Sumbawa – Rusmin Junaidi mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata khususnya di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya melalui peningkatan SDM sebagai sektor penggerak dan pendukung percepatan pembangunan pariwisata dimaksud.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pemda Sumbawa dalam membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Sumbawa. ‘’Kegiatan ini berlangsung selama lima hari sampai 14 Agustus mendatang, dan diikuti sebanyak 30 peserta dari para pelaku pariwisata, tour guide, perwakilan pokdarwis dan lainnya,’’ ungkap Edot – sapaan akrabnya.

Sementara Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – Iskandar D memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Diklat tersebut. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan para peramuwisata yang betul-betul dapat meningkatkan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, juga di daerah lainnya. ‘’Terimakasih kami sampaikan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata yang menyelenggarakan kegiatan ini, terima kasih kepada DPD HPI, para pengusaha hotel, restaurant, travel agen, pramuwisata. Selamat berdiklat kepada teman-teman para pramuwisata.’’

‘’Menjadi pramuwisata tidak harus bergeraknya di Kabupaten Sumbawa. Dengan sertifikat yang didapatkan dari Diklat ini nanti akan memberi peluang bagi teman-teman, bukan hanya bergerak di dalam Sumbawa, tapi juga bisa mengakses peluang –peluang yang ada di luar Sumbawa. Bagi saya oke pengembangan pariwisata Sumbawa tetap kita jadikan acuan, tetapi teman-teman butuh ruang untuk tumbuh dan berkembang,’’ pungkasnya. (MSG)

Baca Juga:  Hingga Oktober, Sumbawa Alami 67 Karhutla

Komentar

Berita Pilihan