oleh

Dirawat di RSUP, WN Rusia Negatif Corona

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa,- Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Russia – MP (39), menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Abdul Kadir Manambai, sejak Senin (03/03) dini hari. Pasien rujukan Puskesmas Alas Barat tersebut mengalami dehidrasi dan demam.

“Dari sisi medis, dari hasil laboratorium, hasil foto rontgen hasilnya normal. Yang ada, sesuai yang dirasakan, demam, mual, diare, kekurangan cairan,” kata dr.Arindra Kurniawan, Direktur RSUP Abdul Kadir Manambai, saat jumpa pers di Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (03/03).

Diungkapkan, dalam menanangi pasien, rumah sakit menerapkan SOP yang telah disiapkan sebelumnya untuk mengantisipasi munculnya kasus karena virus corona. “Itu bentuk kewaspadaan kita, kita menerapkan SOP yang sudah kita siapkan untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa mengatakan, pasien tersebut merupakan rujukan dari Puskesmas Alas Barat. Sebelum ke Indonesia, pasien telah mengunjungi berbagai negara, seperti Thailand, Malaysia, dan italia.

“Karena mungkin, kondisi cuaca, fisik kecapean kemudian pingsan. Dibawa ke puskesmas oleh masyarakat. dia pakek sepeda motor,” jelasnya.

Sekda Sumbawa, H.Hasan Basri mengatakan, pasein mendatangi Indonesia sekitar 14 Februari lalu melalui Denpasar. Sebelum ke Sumbawa, pasien sempat berlibur dengan mendaki Gunung Renjani, dan diketahui sempat mengkonsumsi air tidak higienis.

“Informasi yang kami terima, yang bersangkutan sempat minum air yang tidak higienis. Ke Alas Barat mencari Homestay, tidak ketemu-ketemu keliling alas barat,” ucapnya. (MS/MU)

Baca Juga:  Dinas PMD Fasilitasi Rencana Terbentuknya PBI di Kabupaten Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan