oleh

Dinas Pangan Adakan Lomba Kudapan dan Cipta Menu B2SA

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Upaya menggali potensi, mengembangkan kreativitas dalam menciptakan menu makanan dan kudapan, mengangkat citra dan martabat pangan lokal, serta memasyarakatkan pangan lokal, sesuai dengan potensi sumber daya yang ada di daerah Kabupaten Sumbawa, Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa mengadakan lomba Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Kudapan bagi Siswa SMA/MA/SMK Tingkat Kabupaten Sumbawa 2019 bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, di Taman Mangga Sumbawa Besar, Kamis (21/11/2019).
Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Wabup, pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Dikatakan, pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, merupakan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, dengan jumlah yang berimbang antara kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat serta aman untuk dikonsumsi. “Pola konsumsi pangan sehat perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran terhadap pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup”, tegas Wabup.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah


Wabup berharap instansi terkait untuk mensosialisasikan penganekaragaman pangan kepada masyarakat, dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam berbagai bahan pangan lokal, sehingga selalu tersedia saat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.
Sementara Sambutan Ketua TP. PKK Kab. Sumbawa, yang disampaikan oleh Ketua GOW Kab. Sumbawa, Ibu Sovia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah menyatakan bahwa, konsumsi pangan masyarakat Kab. Sumbawa pada umumnya masih terfokus pada beras sebagai makanan pokok, sehingga ada ungkapan bahwa “Jika belum makan nasi maka belum dianggap makan”.
Dijelaskan, hal itulah salah satu penyebab mengapa pemanfaatan umbi-umbian sebagai pangan pengganti beras masih sangat rendah. Disampaikan pula, untuk membangun kreativitas ibu-ibu Tim Penggerak PKK, organisasi wanita, serta siswa SMA sederajat, TP. PKK secara rutin bekerjasama dengan Dinas Pangan Kab. Sumbawa, untuk tetap menyelenggarakan kegiatan serupa. (MS/SP)

Baca Juga:  Infografis Covid -19, Sumbawa Zona Kuning

Komentar

Berita Pilihan