oleh

Dinas P2KBP3A Nilai Penting Pelatihan bagi Perempuan Kepala Keluarga

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Dalam beberapa tahun belakang, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa intens menggelar pelatihan bagi Perempuan Kepala Keluarga (Peka). Tujuannya menjadikan para perempuan tersebut lebih terampil dan bisa memiliki penghasilan.
‘’Kami sudah melakukan pelatihan bagi perempuan kepala keluarga (Peka). Tiap tahun itu ada, tapi kali ini tertunda,’’ ungkap Kepala Dinas  P2KBP3A Sumbawa melalui Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) – Laili Febrianti.
Dalam pelatihan yang dilakukan, para perempuan kepala keluarga ini diajarkan cara mengolah menu makanan dengan bahan lokal, menjadi makanan siap saji. Rata-rata makanan yang dihasilkan tersebut disajikan didalam kemasan, seperti keripik dan lainnya. ‘’Jadi biasanya pelatihan memasak beberapa menu pengolahan bahan lokal untuk menjadi makanan siap saji,’’ tuturnya.
Ketika itu bisa dikemas dengan baik, lanjut Laili, maka kualitas dan kebersihan dari makanan yang dihasilkan akan lebih terjaga. Selain itu, ketika kemasan rapi, maka harga jual juga bisa lebih tinggi. ‘’Itu beberapa materi yang kami sampaikan kepada ibu-ibu peserta pelatihan. Hasil evaluasi setelah ikuti pelatihan, alhamdulillah berjalan bagus. Karena itu narasumber ada dari Dinas Perindag juga. Jadi mereka langsung mendata kelompok-kelompok yang kita bina itu, dan mereka memantau perkembangannya seperti apa,’’ tukasnya.
Menurutnya, meski intens dilaksanakan, namun kegiatan ini cukup terbatas. Karena setahun, pihaknya hanya bisa melaksanakan sekitar tiga kali pelatihan. Selain itu, untuk jumlah Pekanya juga masih sedikit. Karena sekali pelatihan diikuti sekitar 30 orang. Sehingga hal ini penting untuk terus dilaksanakan, agar menumbuhkan lebih banyak para perempuan yang terampil. (msg)

Baca Juga:  Giliran Masyarakat Sumbawa Kecam GAR ITB

Komentar

Berita Pilihan