oleh

Dinas Dukcapil Cetak 36 Ribu Lebih Dokumen Kependudukan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Hingga bulan September dalam tahun ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa telah mencetak sebanyak 36 ribu lebih dokumen kependudukan. Baik itu Kertu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK). Kartu Identitas Anak (KIA), dan akta kelahiran.

Hal itu diungkapka Kepala Dinas Dukcapil – Jaya Kusuma kepada wartawan, pada Senin (18/10) di kantor Bupati Sumbawa. Untuk mempercepat proses terbitnya dokumen kependudukan, pihaknya melakukan jemput bola dengan turun langsung ke Kecamatan. ”Memang di kecamatan-kecamatan besar itu tidak kurang dari 2000 dokumen yang kami cetak. Kalau kecamatan-kecamatan kecil itu sekitat 1000an lebih,” terangnya.

Menurutnya, upaya jemput bola yang dilakukan ini cukup efektif dalam proses percepatan kepemilikan dokumen kependudukan oleh masyarakat. Sehingga saat ini masyarakat Kabupaten Sumbawa yang sudah memiliki KTP mencapai 96 persen, akta kelahiran mencapai 99 persen, KIA 30 persen dan itu sudah memenuhi target nasional yakni 30 persen. ”Tinggal kami jemput bola sisanya, sambil pelayanan regular yang ada di kantor,” tuturnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang sangat perduli dengan kepemilikan dokumen kependudukan. Hal itu terbukti dengan cukup tingginya animo masyarakat yang datang untuk mengurus dokumen. ”Jadi itu hal-hal yang sudah kami lakukan dengan program jemput bola ini. Karena itu lebih efektif dirasakan oleh masyarakat, dimana masyarakat tidak perlu ke Capil. Karena memang animo masyarakat juga cukup tinggi,” pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Segel Tempat Hiburan Malam Sampar Maras

Komentar

Berita Pilihan