oleh

Dinas Dikbud Pastikan Sekolah Siap Laksanakan Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Meskipun belum ada instruksi resmi untuk melakukan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Sumbawa. Namun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa telah memastikan seluruh sekolah jenjang SD siap melaksanakan kegiatan dimaksud.

‘’Sekarang sudah ada kebijakan untuk yang 6 hingga 11 tahun divaksin. Kami Dikbud siap. Yang jelas semua sekolah pada prinsipnya siap untuk vaksin. Siswa-siswa siap untuk divaksin,’’ ungkap Kepala Dinas Dikbud Sumbawa – M Ikhsan Safitri kepada media ini Senin (27/12).

Saat ini seluruh siswa masih dalam masa libur sekolah. Sehingga pelaksanaan vaksin untuk anak usia 6 hingga 11 tahun bisa langsung mendatangi tempat-tempat pelayanan vaksinasi. ‘’Sekarang karena libur, jadi untuk mobilisasinya agak susah. Terpaksa menggunakan jalur kemasyarakatan. Kalau jalur sekolah, itu pada saat masuk nanti bisa dilakukan,’’ terang Doktor Chan – sapaan akrabnya.

Diungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan untuk siswa jenjang SD yang berusia 6 hingga 11 tahun. Untuk kemudian didata agar bisa dilakukan vaksin. ‘’Untuk jumlah yang pasti belum kita ketahui. Masih kita lakukan pendataan. Yang jelas kami sudah koordinasi dengan teman-teman Dikes. Kata Dikes, seberapa banyak siswa, itu siap untuk divaksin. Jadi vaksinnya siap,’’ tukasnya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksin ini dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan para siswa. Sehingga apalagi Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk kegiatan tersebut. ‘’Prinsipnya apapun harus kita lakukan demi keselamatan dari putra putri kita. Jadi model pembelajaran seperti apapun yang kita lakukan, yang pertama harus bisa memberikan garansi penuh untuk keselamatan. Merubah cara pembelajaran dan lain sebagainya, harus berorientasi pada keselamatan. Kalau itu sudah dilakukan, baru kita fikirkan untuk yang lain-lain,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  20 Desa di Sumbawa Gelar Pilkades Serentak Tahun ini

Komentar

Berita Pilihan