oleh

Cuaca Tak Menentu, Peternak Diminta Waspadai Penyakit Ternak

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dalam cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, membuat para peternak di Kabupaten Sumbawa harus mewaspasdai datangnya berbagai penyakit ternak. Termasuk penyakit SE (Ngorok), meskipun sejauh ini masih terbilang aman.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Sumbawa melalui Kabid Kesehatan Hewan – Rini Handayani kepada wartawan, Rabu (26/1). Penyakit SE ini merupakan salah satu penyakit ternak yang harus diwaspadai saat terjadinya pergantian musim. ‘’Memang di Sumbawa ini penyakit yang sering terjadi itu SE, tapi kebanyakan tidak terlaporkan,’’ terangnya.

Menurutnya, Pemerintah terus berupaya dalam menekan angka penyakit SE di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya melalui pelaksanaan vaksinasi ternak. ‘’Karena pancaroba, sehingga kita meminta vaksinasi. Mudahan vaksinnya bisa disupport oleh Pemda. Kita juga harap bisa diberikan obat-obatan, sehingga kita bisa melakukan pelayanan secara maksimal di lapangan,’’ tukasnya.

Selain itu,  pihaknya juga sangat mengharapkan agar masyarakat cepat melapor ketika mengetahui gejala akan timbulnya penyakit pada ternaknya. Untuk segera diberikan penanganan oleh petugas. ‘’Kita juga minta ke teman-teman petugas itu untuk memberitahukan ke masyrakat agar laporkan saja, agar bisa segera ditangani,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Sambang Subuh, Ini Ajakan Kapolres Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan