oleh

Pemda Diminta Koordinasikan Cegah Pengrusakan Hutan

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa
Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Komisi II, Berlian Rayes meminta agar Pemda Sumbawa melalui bupati untuk mengkoordinasikan upaya pencegahan kerusakan hutan. Sebab menjelang musim hujan, warga diresahkan dengan potensi bencana banjir.
“Sementara mohon maaf, kewenangan pengelolaan kehutanan berada di provinsi. Dan sekarang kita melihat secara kasat mata, pengrusakan hutan akibat penggundulan dan pembakaran dan segala macam, untuk tanam jagung terjadi dimana-mana,” katanya melalui interupsi dalam rapat paripurna penyampaian Penjelasan Bupati Sumbawa Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 di Sidang Paripurna I DPRD Kabupaten Sumbawa, belum lama ini.
Diungkapkan, setiap musim hujan, biasaya terjadi banjir diberbagai daerah. Mulai dari wilayah timur, barat, tengah termasuk wilayah Kota Sumbawa Besar. Sehingga perlu tindakan ekstra untuk memperhatikan pengrusakan hutan.
“Dan fakta juga setiap awal musim hujan, banjir terjadi dimana-mana. timur, tengah, barat, sampai wilayah kota. Harapan kami mudah-mudahan dengan kemampuan pak bupati mengkoordinasikan, agar polhut yang kebetulan (memiliki, red) kewenangan pengelolaan hutan, agar lebih ekstra memperhatikan pengrusakan hutan. Sehingga masyarakat tidak lagi sembarangan,” jelasnya.
Ia mengaku, Komisi II DPRD Sumbawa telah banyak menerima informasi melalui media sosial mengenai keluhan dan keresahan menjelang musim hujan. “Kami komisi II menerima banyak keluhan, WA ke kami banyak. Ada keresahan ditengah masyarakat ketika akan datang musim hujan. Karena banjir sudah menjadi ancama bagi kita semua,” katanya.
Ia meminta, agar Pemda Sumbawa tidak hanya memperhatikan pembangunan di dalam kota, namun harus memperhatikan kelestarian mata air. “Kalau saya mendengar dari penyampaian nota keuangan itu, seolah pembangunan terkonsentrasi di kota. Kita jangan melulu memperhatikan pembangunan dikota. Hulu sebagai penjaga kelesetarian mata air, juga perlu diperhatikan,” ucapnya. (MS/MU)

Baca Juga:  Terseret Banjir, Pengendara Mobil Dilaporkan Hilang

Komentar

Berita Pilihan