oleh

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir

Alas, Mediasumbawa.com – Pasca banjir yang melanda delapan desa dikecamatan Alas, Bupati Sumbawa Drs. H.Mahmud Abdullah melakukan kunjungan lapangan, Kamis (17/2/2022)  ke beberapa lokasi terdampak banjir seperti  Dusun Panua Desa Juranalas, SDN Panua, Desa Dalam Alas, Desa Labuhan Alas. Bupati juga menyalurkan sejumlah bantuan bagi masyarakat secara simbolis serta mengunjungi warga yang rumah terkena bencana kebakaran.

Drs. H. Mahmud Abdullah – Bupati Sumbawa Kepada Mediasumbawa, menyampaikan, penanganan pasca banjir ini dilakukan sejak hari pertama melibatkan semua instansi pemerintah dan sudah tertangani dengan baik hingga saat ini. Meski ada satu hal yang masih diupayakan penanganannya dengan segera yakni air bersih. ‘’hari pertama penanganan langsung dipimpin Bu Wabup dan sudah tertangani dengan baik. Saya inginkan supaya setiap ada bencana pemerintah selalu ada dan hadir disitu, sebagai bentuk keprahatinan pemerintah terhadap terhadap bencana yang dialami masyarakat kita,’’Papar Bupati Sumbawa.

Bupati juga berharap agar semua pihak ikut menjaga kelestarian hutan, jangan lagi ada penebangan liar, pembalakan. Karena dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat semua.’’kita minta semua pihak untuk menjaga kelestarian hutan, jangan lagi ada praktik-praktik pengrusakan hutan,’’ajak Bupati

Asisten I setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.sos, M.Si, menyampaikan, untuk persoalan air bersih sebelum penanganan pipa PDAM yang rusak terkena banjir. Untuk sementara Pemda menyalurkan bantuan air bersih melalui BPBD guna memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak banjir hingga ke pulau Bungin. Sementara untuk penanganan pipa PDAM menurut Varian, akan butuh waktu sekitar 2-3 minggu.

‘’penanganan sementara air bersih dengan droping air tangki oleh BPBD ke wilayah pemukiman masyarakat yang membutuhkan termasuk Pulau Bungin,’’jelas Varian Bintoro.

Untuk penyaluran bantuan kata Varian, untuk penanganan korban bencana banjir, bantuan terpusat di posko kecamatan untuk kemudian disalurkan. ‘’camat sebagai komandan posko kecamatan telah mendistribusikan bantuan-bantuan kepada masyarakat korban banjir. Alhamdulillah kita dibantu semua dari OPD Kabupaten, Provinsi, ataupun dari organisasi yang ada di kabupaten Sumbawa dan Perbankan. ,’’jelas Varian dengan menambahkan, Alhamdulillah bantuan terdistribusikan dengan baik melalui desa sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat. Terdampak banjir sekitar 848 KK atau sekitar 3248 jiwa.

Baca Juga:  Sembilan Ranperda Ditetapkan Sebagai Perda

Sementara itu Kepala BPBD Sumbawa M. Nurhidayat, ST, menyatakan, kerugian akibat banjir bandang kecamatan Alas yang terjadi senin (14/2) lalu, diperkirakan diatas Rp. 8 miliar. Dari awal penanganan dampak banjir atas sinergi pemda Sumbawa dengan TNI-Polri bersama relawan bergotong-royong membersihkan bekas banjir sehingga tertangani dengan baik. ‘’alhamdulillah bisa tertangani dalam satu hari,’’terang Kepala BPBD Sumbawa. (MSX)

 

Komentar

Berita Pilihan