oleh

Bertambah Dua Pasien Positif, Satu PDP Dipulangkan

Sumbawa Besar, Media Sumbawa – Bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa telah merilis bahwa pada tanggal yang sama di Kabupaten Sumbawa terdapat 10.049 kumulatif kasus terkait Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.
Sebanyak 8,849 adalah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG), dan 8,516 orang diantaranya telah selesai melaksanakan isolasi mandiri. Dan sisanya 333 orang masih menjalani isolasi mandiri.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa selaku Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM di Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa menyatakan terdapat penambahan 16 kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.
“Hari ini di Kabupaten Sumbawa terdapat penambahan 2 kasus psitif Covid-19 sebagaimana dirilis oleh Gugus Tugas Provinsi NTB tadi malam, dan secara komulatif tercatat ada penambahan sebanyak 16 kasus”, ujar Haji Bas sapaan akrab Sekda Sumbawa, pada Minggu siang (24/5/2020) di Rumah Dinas Sekda Sumbawa.
Lebih lanjut, Sekda mengatakan terdapat 658 Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif atau tidak ada penambahan kasus dari laporan sebelumnya.
Di mana 577 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan terdapat 81 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.
Sampai saat ini perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 452 orang dan ada penambahan 1 kasus dari laporan sebelumnya, di mana 449 Orang ODP selesai pemantauan dan 3 Orang ODP masih dalam pemantauan.
Sedangkan total kumulatif PDP dan konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 85 orang atau bertambah 3 kasus baru. Sedangkan total kumulatif PDP dan konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 90 orang atau ada penambahan 5 kasus baru.
Sebanyak 59 orang adalah dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dengan dinyatakannya 1 orang yang negatif Covid-19, saat ini menjadi 54 Orang PDP dinyatakan sembuh (2 x swab negatif), 1 orang PDP meninggal dunia.
Dan 4 orang masih dalam pengawasan di rumah sakit Provinsi NTB Manambai Abdulkadir, RSUD Kabupaten Sumbawa dan sebagian ditempatkan di karantina terpadu. 
Dari 31 orang total terkonfirmasi positif Covid-19 dengan rincian klaster yaitu 1 orang meninggal dunia yang belum diketahui sumber penularanannya, 11 orang sudah dinyatakan sembuh, terdiri dari 1 orang dari Klaster Jakarta, 7 orang dari Klaster Gowa, 2 orang dari Kontak Erat Klaster Gowa, 1 orang dari Klaster Sukabumi.
Dengan adanya penambahan 2 orang, maka saat ini terdapat 19 orang masih positif dan dirawat di rumah sakit yang terdiri dari 1 orang dari Klaster Gowa, 5 orang kontak erat dengan Klaster Gowa, 3 orang Kluster Magetan di rawat di Rumah Sakit Provinsi NTB Manambai Abdulkadir.
Serta, 2 orang kontak Erat dengan Klaster Gowa, dan 7 orang kluster Magetan dirawat di RSUD Kabupaten Sumbawa, 1 orang tidak diketahui paparannya, saat ini di rawat di RSU Provinsi di Mataram.
Dalam merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah aparat Gabungan TNI, Polri dan Satpol PP terus melakukan pemantauan wilayah sehingga pelaksanaan hari raya berlangsung dengan lancer dan sebagian masyarakat mematuhi arahan pemerintah khususnya protokol kesehatan.
Namun demikian, aktivitas masyarakat secara mandiri dan terpadu di masing-masing lingkungan terlihat terus menunjukkan peningkatan sebagai upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa, misalnya pengaktifan portal keluar masuk lingkungan, ronda malam dan lainnya.
Untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terpukul akibat wabah corona, maka Pemerintah terus menyalurkan secara bertahap Jaring Pengaman Sosial kepada masyarakat baik yang melalui Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa.
“Pemerintah selalu mengimbau agar masyarakat selalu mengindahkan arahan dan informasi Pemerintah untuk bersama-sama memutus penyebaran virus corona di Kabupaten Sumbawa, khususnya saat merayakan Idulfitri 1441 Hijriah”, pungkas Sekda seraya mengucapkan salam Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.(MS/RA/Kerjasama mediasumbawa.com dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa) 
 

Baca Juga:  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sumbawa ke-62

Komentar

Berita Pilihan