oleh

Bakesbangpoldagri Rangkul Koramil Empang Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa

Bakesbangpoldagri Kabupaten Sumbawa bekerja sama dengan Koramil 1607-02/Empang memberikan Sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat dalam mencegah radikalisme dan terorisme bertempat di Aula Kantor Camat Torano Jln. Lintas Sumbawa-Bima, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Rabu (13/11/19). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat, tentang bahaya faham radikal.

Kabid Kesatuan Bangsa Kabupaten Sumbawa Andi Rauf, S.Sos., M.Si sebagai pemberi materi menjelaskan, Paham radikal sangatlah berbahaya karena dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta dapat memicu dan menimbulkan sebuah aksi yang ekstrim dalam sebuah penolakan yang tidak sesuai dengan paham yang mereka anut.

“Fenomena Radikal memang sangat kental dikaitkan dengan aksi terorisme, ditambah lagi dengan fakta bahwa isu teror di indonesia memang dilakukan oleh kelompok orang yang mengaku diri mereka sebagai kelompok agama garis keras/Radikal, yang mengacu pada sebuah gerakan untuk membuat perubahan dramatis dilingkungan tempat tinggalnya”, ungkapnya.

Sementara Danramil 1607-02/Empang Kapten Inf I Wayan Sulendra sebagai pemateri mengatakan, kegiatan ini sangat penting, salah satunya antisipasi masyarakat terhadap penyebaran paham radikalisme dan anti terorisme. Sehingga peran masyarakat sangat penting, terlebih tokoh agama, pemuda, organisasi kemasyarakatan yang ada.

“Ada beberapa strategi dalam menghadapi radikalisme, di antaranya kontra radikalisasi, yakni upaya penanaman nilai – nilai ke Indonesiaan serta nilai – nilai non kekerasan. Dalam proses ini strategi yang dilakukan melalui pendidikan, baik formal maupun non formal”, tambah Kapten Inf I Wayan Sulendra.

Ditempat berbeda, Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc sangat mendukung kegiatan yang dilakukan jajarannya. Dandim mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya untuk menjauhi paham radikalisme dan anti terorisme.

Baca Juga:  Menko Kemaritiman dan Investasi: Perlu Ketenangan dan Kedamaian untuk Jual Pariwisata

“Sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk menolak dan mencegah paham tersebut. Para Babinsa agar meningkatkan sambang ke desa – desa dan melaporkan apabila sudah ada masyarakat yang mengarah ke paham radikal dan terorisme,” terang Dandim.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Kabupaten Sumbawa M.Taufik, Kabid Kesatuan Bangsa Kab.Sumbawa Andi Rauf S.Sos., M.Si., Kasub Pengembangan Wasbang Sumbawa Yudiana S.Ip., Camat Tarano M.Tahkiq, S.H., Danramil 1607-02/Empang Kapten Inf I Wayan Sulendra, Wakapolsek Empang Ipda Syamsuddin, Para Babinsa Kecamatan Tarano, Kepala Desa Se Kecamatan Tarano dan Para tamu undangan yang berjumlah 30 orang. (MS/MU)

Komentar

Berita Pilihan